Sarasehan Alumni Fakultas Farmasi Unair

 


Dalam rangka peringatan Lustrum IX – 45 Tahun Fakultas Farmasi Universitas Airlangga menggelar acara temu akbar alumni. Sarasehan alumni kali ini bertema “ Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Sebagai Trendsetter Pendidikan Tinggi Farmasi dalam Menyiapkan Kebutuhan Profesional Farmasis Indonesia Agar Mampu Bersaing di Tingkat Nasional dan Internasional


Peringatan lustrum IX ini telah lebih dulu dibuka dengan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya seminar ilmiah tingkat nasional maupun internasional, panel diskusi bidang keamanan dan penyalahgunaan obat serta beberapa pelatihan yang diselenggarakan di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.


Ini merupakan kali pertama Fakultas Farmasi mengadakan acara temu akbar alumni dari angkatan 1963 hingga fresh graduate, angkatan 2004. Panitia penyelenggara berharap dapat mengumpulkan lebih dari 2000 alumni yang tersebar seantero nusantara bahkan yang telah mendunia.


Rangkaian acara yang telah dipersiapkanpun tidak tanggung – tanggung. Tiga acara yang dikemas dalam 2 hari ini memberi alternatif bagi alumni yang tidak berkesempatan untuk menghadiri semua acara. Pada hari Sabtu, 1 November 2008, tepat pukul 09.00 wib, dibuka acara Sarasehan Alumniyang bertempat di Aula Garuda Mukti, lantai V Gedung Rektorat dan Administrasi Kampus C Unair.


Sarasehan ini diadakan dengan tujuan untuk berbagi pengalaman tentang hal – hal yang terkait pekerjaan kefarmasian serta saling memberi masukan kepada almamater tercinta dalam mengembangkan kurikulum dan metode pendidikan yang “membumi” dan sesuai dengan kebutuhan professional farmasis di lapangan. “ Saya yakin sebagian besar dari kita belum pernah memasuki gedung megah berlantai V ini” ungkap sang ketua panitia reuni akbar, Drs. Suko Hardjono, MS., Apt.


Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Farmasi Unair, Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, MS., Apt., mengungkapkan harapannya bahwa semoga tidak hanya dalam forum sarasehan ini tetapi juga setelah kegiatan ini para alumni senantiasa berkontribusi memberikan masukan/ usulan/ kritik berupa pandangan dan pemikiran untuk meningkatkan dan mengembangkan almamater tercintanya Fakultas Farmasi Unair, sekaligus juga untuk meningkatkan dan mengembangkan peran dan fungsi lulusan sebagai apoteker/ farmasis agar peran dan fungsi tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Tampak hadir dan mengisi acara sarasehan, Prof. Dr. Wahono Sumarjono, Apt(Plt. Kepala BPPT) yang membahas bidang riset. Dr. Soeprapto Maat(Direktur Pabrik Jamu di Gresik) yang berbagi tips dan trik menjadi entrepreunersukses. Drs. Arianto, Apt., SH.(PT. Meiji) yang mewakili bidang industri. Drs. Bambang Sidharta., MS., Apt, sebagai Praktisi Farmasi Komunitas. Serta Dra. Hj. Siti Farida, Apt., SpFRSyang berbagi pengalaman sebagai Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya.


Selain lima pembicara tersebut, hadir pula para pembahas yang mengupas masalah di bidang kefarmasian. Diantaranya Dra. Rizka Andalusía, M.Pharm., Aptyang datang dari RS Kanker Dharmais Jakarta. Drs. Wahyu Hartoyo, Apt(PT. Medifarma Jakarta) dan Dra. Anis Julaikah, Aptyang juga berprofesi sebagai penulis. Bertindak sebagai moderator dalam pembahasan yang berlangsung selama ± 3 jam dan banyak mendapat respon itu adalah Drs. Harry Bagyo Rahardjo, Apt.


Acara kedua adalah Temu Alumniyang digelar pada malam harinya pukul 18.30 wib. Ini merupakan ajang untuk meningkatkan keakraban sambil unjuk kebolehan antar angkatan atau daerah. Disini para alumni dapat lebih akrab dan bersahabat layaknya masih menjadi mahasiswa beberapa tahun yang lalu. Acara ini dilangsungkan di Empire Palace, suatu gedung megah dan artistik di pusat kota Surabaya yang belum lama ini baru diresmikan.


Dan di penghujung acara diadakan Jalan Sehat, yang selalu di tunggu-tunggu. Dilaksanakan pada hari minggu, 2 November 2008. Acara dimulai dengan senam pagi di halaman Gedung Fakultas Farmasi - Kampus B Dharmawangsa Dalam. Dilanjutkan dengan berjalan – jalan sambil ngobrol, bertukar cerita dan pengalaman dengan melewati bekas Gedung Fakultas Farmasi yang dulunya bertempat di Kampus A Universitas Airlangga, tepatnya di jalan Dharmahusada. ” Pada acara inilah teman-teman akan bernostalgia sambil makan makanan khas Suroboyo yang dahulu sering kita lahap bersama” imbuh Pak Suko.


















Agenda
Unduhan